»

Sistem EBD

PENJELASAN MENGENAI SISTEM EBD

  1. Sistem EBD (Electronic Brake force Distribution) adalah sub bagian dari sistem ABS yang gunanya untuk mengontrol secara efektif pemakaian roda-roda belakang sebagai adhesi (perekat). Untuk penggunaan selanjutnya, pengembangan peralatan ABS dikontrol oleh selip roda belakang dengan range pengereman memihak. Gaya pengereman dipindahkan bahkan bisa lebih mendekati optimal dan dikontrol secara elektronik, kemudian disalurkan ke proportioning valve yang membutuhkannya.
    Proportioning valve, karena merupakan alat mekanikal maka mempunyai keterbatasan dalam mendistribusi gaya rem secara ideal ke roda belakang, begitu juga saat mendistribusikan gaya rem secara seimbang yang mengacu pada beban atau berat kendaraan yang bertambah. Dan apabila ada kerusakan, pengemudi tidak dapat mengetahui adanya kerusakan tersebut. EBD dikontrol oleh ABS Control Module, sepanjang waktu menghitung rasio selip setiap ban dan mengatur tekanan rem roda belakang supaya tidak melebihi dari roda depan. Jika EBD mengalami kegagalan, lampu peringatan EBD (parking brake lamp) akan menyala.
  • KEUNTUNGAN EBD
        1.(Load sensitive) proportioning valve
        2.Meningkatkan kontribusi rear axle ke gaya pengereman
        3.Mendekati distribusi gaya pengereman yang ideal (lurus dan berbelok)
        4.Bisa beradaptasi terhadap beban yang berbeda
        5.Distribusi pengereman yang tetap konstan meskipun kendaraan dipakai untuk jangka waktu yang lama
        6.Adanya monitor untuk fungsi EBD
        7.Minimal extension of ABS hardware required

  • KONSEP
        - Penggunaan komponen ABS yang sudah ada
        - Fungsi diperloleh melalui tambahan perangkat lunak

  • KEAMANAN
        - Kerusakan bisa diketahui melalui lampu peringatan
        - Layout sistem dasar pengereman

  • KERUGIAN
        - Tidak ada alat cadangan jika sistem EDM mengalami kerusakan

2. KURVA DISTRIBUSI GAYA PENGEREMAN YANG IDEAL





3. PENGARUH EBD
    -Kemampuan jarak henti menjadi lebih baik
    -Tingkat keausan dan suhu pada front brake pad wear berkurang
    -Saat pengereman dibelokan tingkat kestabilan kendaraan meningkat
    -Kemungkinan penurunan biaya dengan menghilangkan proportioning valve

0 komentar:

Posting Komentar